Mengajarkan Anak untuk Lindungi Dirinya dari Bahaya Kekerasan Seksual

Perlu Anda tahu bahwasannya kasus kekerasan dan juga pelecehan seksual akhir-akhir ini memang semakin marah terjadi. Kekerasan seksual tersebut juga bisa terjadi pada siapa saja, bahkan tidak jarang terjadi pada anak-anak di bawah umur yang jadi korban dari kejahatan seksual predator anak. Anak-anak yang masih polos dan lemah memang cenderung jadi sasaran para pelaku kejahatan seksual ini. Oleh karena itulah, para orangtua harus bisa meningkatkan kewaspadaan dan juga kehati-hatian terhadap beberapa hal yang bisa membahayakan anak. Kami kutipkan dari situs vemale.com, berikut ini adalah cara mengajarkan anak untuk melindungi dirinya dari bahaya kekerasan seksual.

Mengajarkan Anak untuk Lindungi Dirinya dari Bahaya Kekerasan Seksual

Mengajarkan Anak untuk Lindungi Dirinya dari Bahaya Kekerasan Seksual

Cara ajarkan anak lindungi diri dari bahaya kekerasan seksual

Ikut campur dengan kehidupan anak

Ikut campurm dalam hal satu ini artinya tahu apa saja yang anak lakukan di setiap harinya. Tanyakan saja apa saja yang dia lakukan, di mana, dan juga bersama siapa. Kemana mereka pergi, dan lain-lain. biasakan saja anak Anda untuk ceritakan kesehariannya supaya anak Anda lebih terbuka.

Mengetahui orang di sekitar anak

Selain keluarga atau saudara dekat di rumah, ketahui juga siapa saja orang yang ada di sekitar anak Andaa, yang sudah mereka kenal, baik teman seumuran, orangtua temannya, guru kelas, pelatih, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk menanyakan bagaimana pendapat anak Anda mengenai orang-orang tersebut.

Mengetahui pendapat anak mengenai berita

Ingat, Anda jangan pernah mencegah anak untuk mengetahui apa yang tengah terjadi di media, walaupun memang orangtua juga harus berhati-hati memberitahu pada anak. Tanyakan saja pada mereka apa ada hal yang seperti ini terjadi di sekolah atau pun di tempat les. Buatlah sebuah pemahaman bahwasannya hal tersebut penting untuk dibicarakan dan buat anak Anda nyaman untuk ceritakan hal-hal yang seperti itu.

Mengetahui perubahan yang tengah terjadi pada anak

Lebih perhatian dan juga ketahui bila ada perubahan tertentu pada anak Anda. Tanyakan saja apa yang lagi terjadi dan apa yang sudah anak Anda rasakan. Kenapa hal tersebut bisa terjadi dan mulai kapan terjadinya.

Mengajari anak mengenai pertahanan diri

Ini adalah langkah terpenting, mengajari anak Anda untuk bisa melindungi dirinya sendiri. Ajarkan anak Anda bahwasanya tidak seorang pun dapat menyentuh bagian tubuhnya, sehingga menjadikan mereka tak nyaman. Hal yang seperti ini termasuk rabaan, pekukan, atau pun menggelitiki. Tekankan bahwasannya mereka juga perlu marah bila orang lain sentuh tanpa seijinnya.

Nah, itulah tadi yang dapat kami informasikan untuk Anda semuanya tentang cara mengajarkan anak untuk lindungi dirinya dari bahaya kekerasan seksual. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/