Tips Mendidik Kesabaran pada Anak Usia Dini yang Mudah

Perlu Anda tahu nih ya bund, bahwasannya anak usia dini atau pun balita ini lebih sering sekali penasaran dengan berbagai hal dan juga penuh rasa keingin tahuan yang besar. Nah, rasa keingina tahuan yang cukup besar pada anak usia dini ini terkadang akan membuat anak jadi tidak sabaran. Padajal belajar sabar tersebut sangat penting sekali, bahkan harus biasakan sedari dini. Sehingga tak ada alasan lagi bagi orangtua untuk tidak mengajarkan kesabaran pada anaknya sejak usianya masih sangat dini.

Tips Mendidik Kesabaran pada Anak Usia Dini yang Mudah

Tips Mendidik Kesabaran pada Anak Usia Dini yang Mudah

 

Dan di sinilah peranan orangtua sangat dibutuhkan. Michael Osit EdD merupakan seorang penulis buku anak yang mengatakan di dalam situs Parents.com, bahwasannya perkembangan mental dan juga neurologis anak mungkin saja akan terasa sangat sulit sekali untuk dibiasakan sebab secara alami anak-anak akan selalu ingin apa pun diketahuinya dengan cepat. Lantas, bagaimana sih caranya ya bund untuk bisa mendidik atau pun mengajarkan rasa sabar ini kepada anak tercinta? Nah, untuk mengetahuinya, Anda bisa simak beberapa ulasan berikut ini dulu.

Tips mendidik kesabaran pada anak usia dini yang mudah

Membuat anak Anda menunggu

Tips pertama mendidik kesabaran pada anak usia dini yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat anak Anda menunggu. Jangan selalu memberi segala yang anak Anda butuhkan dengan cepat ya bund. Sesekali boleh Anda membiarkan anak untuk menunggu, biarkan saja anak Anda merasa tak nyaman sebab menunggu. Latihan ini secara perlahan akan menjadikan anak Anda mulai terbiasa untuk mengendalikan emosinya dengan baik.

Memberikan anak kepastian

Anak-anak umumnya akan mengungkapkan rasa frustasinya sudah menunggu dengan cara marah-marah, berteriak, atau pun merengek. Tanyakan apa yang telah mereka rasakan sebab menunggu tersebut. Coba Anda katakana dengan cara yang lembut seperti ini “bunda tahu dik, sulit sekali melakukannya, akan tetapi duduklah di sini dulu dengan tenang, pasti bunda berikan”, atau semacamnya. Menjanjikan kepastian pada anak tercinta akan membuat anak Anda merasa terjamin sehingga anak juga lebih mudah untuk menunggu.

Melatih anak berbagai aktifitas sabar

Silakan Anda buat anak lakukan aktifitas yang butuh kesabaran ekstra, seperti halnya menyusun pernak-pernik, menunggu berbaris, atau pun dengan menggunakan makanan setelah dibuat apa saja yang menjadikan anak Anda bisa berlatih untuk sabar.

Anak juga harus bisa pahami bahawasannya tidak semuanya bisa datang dengan cepat sesuai keinginan, ada saatnya dia harus menunggu atau pun menerima kenyataan bahwasannya akan yang diinginkan tak selalu sesuai dengan kenyataan. Sehingga anak Anda akan memiliki mental yang lebih kuat. Demikian informasi tentang tips mendidik kesabaran pada anak usia dini yang mudah tersebut bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com