CAR-T, Teknologi Bioterapi Terbaru untuk Pengobatan Kanker

CAR-T, Teknologi Bioterapi Terbaru untuk Pengobatan Kanker

St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, China, mengenalkan metode penyembuhan untuk penyakit kanker yang diberinama CAR-T atau Chimerk Antigen Receptor T-Cell Immunotherapy.

CAR-T ialah penanganan kanker mengintegrasikan antibodi rantai tunggal antigen yang memisahkan tumor dan domain aktivasi sel T, yang menggabungkan afinitas antibodi yang tinggi terhadap antigen tumor dengan faedah membunuh limfosit T sampai-sampai memiliki keterampilan pengenalan eksklusif dan pembunuhan sel tumor.

“Terapi ini adalahteknologi teranyar bioterapi yang sangat maju ketika ini yang dapat memberikan asa kesembuhan untuk para penderita kanker,” kata Prof Peng Xiaochi, Kepala Onkologi Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, untuk media di Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

Prof Peng mengatakan, cukup tidak sedikit pasien dari sekian banyak  negara dengan sekian banyak  kasus kanker yang datang dan lazimnya dokter yang menangani pasien sebelumnya telah angkat tangan, tidak tidak mampu menyembuhkan penyakit.

Dibandingkan pemakaian kemoterapi ataupun penggobatan, pemakaian CAR-T ini mempunyai penargetan yang lebih akurat dan multi target melewati modifikasi teknis. Bagi target yangs sama, sel-sel CAR-T dapat terbelenggu secara spesifik. Teknologi CAR-T Immunotherapy ialah menanamkan antigen sel tumor ke limfosit T dalam tubuh, supaya limfosit T mempunyai faedah untuk memberantas kanker.

“Sehingga limfosit T dalam tubuh pasien dapat meningkat dan bertahan hidup dalam jangka panjang. Juga meningkatkan keterampilan untuk mengenali sel kanker, menambah apoptosis sel kanker dan membunuh sel kanker secara langsung,” katanya.

Dari 160 uji klinis CAR-T Immunotherapy yang telah dilaksanakan di China, mengindikasikan hasil yang paling baik. Pasalnya, dari penyembuhan pada 20 orang pasien, melulu satu yang gagal.

Baca Juga: