Mengefektifkan Lokakarya Sekolah

Mengefektifkan Lokakarya Sekolah

Mengefektifkan lokakarya sekolah – Setiap penghujung th. pelajaran, sekolah mengadakan semacam lokakarya atau pertemuan kecil secara ilmiah. Dikatakan pertemuan kecil gara-gara dihadiri oleh unsur-unsur yang tentang dengan pendidikan anak di sekolah.

Unsur tentang dimaksud adalah siswa (OSIS), guru, pimpinan sekolah, orang tua siswa (komite sekolah), dan unsur berasal dari pemerintah setempat.

Pelaksanaan lokakarya dipandu oleh narasumber yang berasal berasal dari sekolah itu sendiri atau pengawas berasal dari tingkat kabupaten/kota serta pihak LPMP provinsi. Kenapa dikatakan lokakarya ini berwujud ilmiah?

Pertemuan ini akan membicarakan masalah ril yang dihadapi oleh sekolah serta mencari alternatif solusi pemecahan masalah yang sanggup diterapkan dengan praktis.

Tujuan lokakarya adalah menambah mutu pendidikan di sekolah, baik didalam segi sistem yang dilakukan maupun segi hasil yang diperoleh terhadap akhir th. pelajaran.

Aspek sistem meliputi mutu sistem pembelajaran di mana tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien, mengasyikkan dan hasilnya sanggup dirasakan oleh siswa sebagai subjek sekaligus objek pendidikan di sekolah.

Kegiatan utama lokakarya sekolah adalah:

1.Evaluasi program
Dalam lokakarya akan dikaji bagaimana pelaksanaan program terhadap th. pelajaran berlalu. Semua masalah dan halangan yang sudah dihadapi akan diidentifikasi untuk diupayakan langkah pemecahannya.

Selain itu, evaluasi program terhitung akan tahu program mana yang sudah sukses dan efektif terlaksana. Program ini akan dikembangkan kembali terhadap th. pelajaran yang akan datang.

2.Menyusun program
Kegiatan utama lokakarya adalah menyusun program dan kebijakan strategis untuk th. pelajaran yang akan datang. Prinsip penyusunannya adalah terstruktur dan sanggup diterapkan.

Program sekolah dibikin tidak muluk-muluk tapi praktis dan sanggup dilakukan oleh semua pengelola pendidikan di sekolah.

Mengingat pentingnya aktivitas lokakary sekolah, semua pihak tentang dengan pendidikan di sekolah wajib lebih mengefektifkan, baik pelaksanaannya maupun hasil lokakarya itu sendiri.

Artinya, lokakarya tidak cuma sekadar menggerakkan program teratur akhir th. pembelajaran. Lokakarya hendaknya dilakukan secara efektif dan efisien, sukses dan berdaya guna.

Baca juga :